Untuk Pertama Kalinya Lolos 16 Besar Piala Asia

Timnas Garuda Cetak Sejarah

Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar sebagai tiga terbaik dan akan menghadapi Timnas australia pada Minggu (28/1/2024). (ANTARAFOTO/Yusran Uccang)
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar sebagai tiga terbaik dan akan menghadapi Timnas australia pada Minggu (28/1/2024). (ANTARAFOTO/Yusran Uccang)

RM.id  Rakyat Merdeka – Timnas Indone­sia berhasil mengukir sejarah di Piala Asia. Untuk pertama kalinya, pasukan Garuda lolos ke ba­bak 16 besar. Warganet Tanah Air merayakan ini dengan suka cita.

Kepastian Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar ini memang datang agak belakangan. Di fase grup, Timnas yang berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Viet­nam, finish di posisi ketiga. Laga terakhirnya melawan Jepang pada Rabu malam (24/1/2024), berakhir dengan skor 1-3. Hal ini membuat peluang Timnas lolos ke babak selanjutnya sangat tergantung pada pertandingan di grup lain.

Meski nyaris tersingkir, nyatanya Timnas berhasil lolos. Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong ini masuk ke 16 besar melalui jalur peringkat tiga ter­baik dengan perolehan tiga poin dari tiga pertandingan yang dimainkan.

Kepastian itu diperoleh setelah Kirgistan vs Oman bermain imbang dengan skor 1-1 di Stadion Abdul­lah Bin Khalifa, Kamis malam (25/1/2024). Dengan hasil tersebut, posisi Indonesia di klasemen peringkat tiga terbaik tidak dapat disalip Oman yang mengantongi dua poin.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia untuk pertama kalinya. Di empat kesempatan sebelumnya, Tim Merah Putih selalu kandas di fase grup.

Kabar ini tak hanya menjadi head­line berita di Tanah Air. Sejumlah media asing juga mengulas Indonesia sebagai tim terakhir yang dinyatakan lolos babak 16 besar Piala Asia.

Di laga pertama 16 besar, Indo­nesia akan berhadapan dengan juara Grup F, yakni Australia, di Jassim Bin Hamad Stadium, Minggu (28/1) pukul 18:30 WIB. Di atas kertas, tim Kangguru memang diunggulkan. Australia melaju ke 16 besar dengan status juara Grup B dengan raihan dua kemenangan dan sekali imbang.

Kelolosan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar mendapat perha­tian Presiden Jokowi. Kepala Negara bersyukur dan yakin Indonesia bisa membangun prestasi sepak bola kalau betul-betul serius, dan kerja keras. Jokowi tak lupa juga menyampaikan selamat kepada usaha-usaha yang dilakukan PSSI selama ini.

“Kita harapkan nanti di pertandingan 16 besar yang pertama dengan Aus­tralia juga bisa memetik poin,” kata Jokowi, di Istana Bogor, Jumat (26/1).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir amat senang dengan raihan Timnas. Ia pun memberikan semangat kepada skuad Garuda jelang laga melawan Australia. Kata dia, kendati pencapa­ian di babak grup berbeda, Indonesia tak boleh gentar. Ia yakin Timnas mampu mengimbangi permainan Australia.

“Kita harus kasih yang terbaik. Siapa tahu ada kejutan-kejutan dari Indonesia. Dan kita kalau melihat sejarah di tahun 2009 dan 2010, kita sama Australia pernah drop, pernah kalah 0-1. Ini kan tahun 2023, masa nggak maju-maju,” kata Erick.

Warganet bersuka cita dengan kelo­losan Timnas ini. Akun @mangoepipel mengaku terharu dengan capaian Tim­nas Garuda. “Sumpah saya merinding tahu Indonesia lolos,” tulisnya.

“Senang banget walau Timnas lolos lewat jalur langit,” timpal @uliaulia. “Selamat untuk Timnas,” seru @regmlar.

Akun @imanfiction mengaku bahagia melihat Timnas yang di awal diremehkan, ternyata lolos ke 16 besar. “Seumur-umur ngedukung Timnas, ini adalah titik tertinggi pen­capaian Timnas Indonesia. Biasanya cuma mentok di AFF, sekarang sudah level Asia. Selamat,” tulisnya.

Akun @rahmanhakimsoy me­ngatakan, Timnas harus bersiap menghadapi Australia. Jangan terlena. “Kalau mau melawan Australia harus punya strategi baru, jangan seperti melawan Jepang atau Irak,” sarannya.

Akun @linamichael93 menunjuk­kan kebahagiaannya dengan membagikan video saat skuad Garuda menerobos kamar Shin Tae-yong ketika mengetahui lolos ke babak 16 besar. “Sebahagia itu lihat kalian. Terima kasih perjuangannya dan semoga bisa menang lawan Australia,” ha­rapnya.https://bolalampupetak.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*