Transportasi Udara Bangkit, Pemulihan Tembus 83 Persen

Transportasi Udara Bangkit, Pemulihan Tembus 83 Persen

RM.id  Rakyat Merdeka – Sektor transportasi udara mulai bangkit dari turbulensi panjang pasca pandemi Covid-19. Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Cahyadi mengatakan, pemulihan sektor transportasi udara sudah hampir menuju 90 persen. 

Putu berharap 2024 merupakan momentum untuk sektor transportasi udara agar bisa pulih 100 persen.

“Recovery yang kita capai, sudah mencapai 83 persen. Tahun ini momen untuk bisa kembali pulih penuh,” ujarnya dalam diskusi Forwahub bertajuk ‘Potensi Penumpang Pesawat 2024’ di Kantor Kemenhub, Jakarta, dikutip Sabtu (9/3/2024).

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I Wahyudi menargetkan bisa melayani penumpang mencapai 78 juta orang pada tahun 2024 ini. Angka naik 15 persen dibandingkan tahun lalu yang melayani 69 juta penumpang.

Untuk mencapai angka itu, kata Wahyudi, Angkasa Pura l memiliki strategi. Salah satunya merevitalisasi dan beautifikasi 10 bandara agar bisa melayani banyak penumpang.

“Terakhir di 2023 itu kita sudah selesaikan 10 pembangunan, baik pembangunan bandara atau beautifikasi bandara yang ada. Tinggal 1 yang tersisa, yang belum terselesaikan sampai saat ini,” ungkapnya. 

VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro mengaku sebenarnya kondisi penumpang di bandara-bandara yang dikelola hampir pulih 100 persen. 

Cin mengungkapkan, selama tahun 2023 Angkasa Pura II telah melayani 80,2 juta penumpang di 20 bandara yang dikelola. Sedangkan, Angkasa Pura ll menargetkan bisa melayani penumpang sebanyak 91,8 juta pada tahun 2024.

“Target ini tingkat pemulihan atau recovery rate lebih dari 100 persen dari kondisi Covid-19 di tahun 2019 itu sekitar 90,7 juta,” ucapnya.https://bolalampupetak.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*