Kemenag Bersama BAZNAS dan LAZ Bantu Korban Banjir di Jateng

TANYAKANPADA.com  Rakyat Merdeka – Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Demak, Kudus, dan Grobogan, Jawa Tengah (Jateng). Kehadiran Kemenag dibersamai Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Kemenag bersama BAZNAS dan LAZ menyerahkan sejumlah bantuan sembako, logistik, terapi trauma healing, dan uang tunai pada pemerintah darah setempat.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur menyampaikan, kehadirannya bersama BAZNAS dan LAZ se-Jawa Tengah menunjukkan kepedulian atas penderitaan korban bencana. Ia berharap, kehadiran Kemenag juga bisa menjadi pembangunan optimis di kalangan korban, apalagi menjelang masuk Bulan Ramadan ini.

“Kita hadir, turut merasakan penderitaan masyarakat di sini. Kehadirian kita setidaknya menghadirkan optimisme lebih-lebih akan memasuki bulan Ramadan,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (18/2).

Waryono mengaku, kehadiran Kemenag tidak hanya dibersamai BAZNAS dan LAZ se-Jateng, tapi juga ada dari Jawa Barat dan Bali. “LAZ yang hadir tidak hanya dari Jateng saja tapi juga LAZ di luar Jateng,” ungkapnya. 

Ia berharap, bantuan yang diserahkan tersebut bisa meringankan beban penderitaan korban di daerah terdampak. “Mohon nanti bantuan kami baik melalui BAZNAS dan LAZ untuk dapat dimanfaatkan masyarakat yang ditimpa musibah ini,” ujarnya.

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang dikolaborasi Kemenag antara BAZNAS dan LAZ. Menurutnya, batuan tersebut sangat diharapkan masyarakat untuk meringankan beban mereka.

“Kami mewakili masyarakat Demak, khususnya masyarakat terdampak, mengungkapkan terima kasih atas bantuan yang begitu banyak dari Kemenag hingga BAZNAS dan LAZ untuk masyarakat yang terdapat banjir,” ucapnya.

Sementara, Kasubdit Edukasi, Inovasi, dan Kerja Sama Zakat dan Wakaf, Muhibuddin, mengkoordinasikan penyerahan simbolik pemberian bantuan pada masyarakat korban banjir di Grobogan. Bantuan itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di Grobogan. 

Muhibuddin menyampaikan, kegiatan kolaborasi antar BAZNAS dan LAZ dipersiapkan dalam waktu singkat. Tujuan kegiatan ini untuk membangun kolaborasi yang lebih dalam dan terpetakan dalam penyaluran bantuan. 

“Kegiatan kolaborasi ini, meskipun persiapannya sangat singkat, tetapi sinergi dan kolaborasi yang terbangun sangat luar biasa. Tujuannya agar ada koordinasi antar BAZNAS dan LAZ dalam menghadapi bencana ini,” tutupnya.https://bolalampupetak.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*